Selasa, 07 Februari 2012

Buku Wawasan Kebangsaan dalam NKRI



INTISARI

            Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu dipertahankan sebagaimana yang diamanatkan Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945. dengan perkembangan zaman, perlu pemahaman dan mengerti tentang wawasan kebangsaan pada setiap warga negara, sehingga mengetahui hak dan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai warga negara.

           Setiap warga negara mengerti dan paham secara holistik tentang wawasan kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka perbedaan-perbedaan suku, agama, ras dan sebagainya, itu menjadikan modal yang mendasar mempekuat serta memperkokoh wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). sehingga bangsa ini bertoleransi yang tinggi atas perbedaan yang ada, serta ini menjadikan bangsa Indonesia yang bermartabat, penuh ketentraman, kesejahteraan, kemakmuran yang dikenal dengan “GEMAH RIPAH LOH JINAWI, TATA TENTREM KARTA RAHARJA”

           Keprihatinan atas krisis multidimensional yang diyakini bermula  dari lemahnya karakter yang dimiliki oleh masyarakat dan bangsa Indonesia,. Keadaan ini disatu sisi menunjukkan kekurangoptimalan pembentukan karakter  yang dilakukan oleh dunia pendidikan kita dan di lain sisi merupakan tantangan yang mendorong kita untuk segera berupaya menemukan formulasi, strategi, metode pembelajaran yang tepat sehingga ke depan, pendidikan ini lebih efektif.

           Dengan pembangunan karakter sejak dini, maka sebagai warga negara akan memahami yang sesungguhnya nilai-nilai kejuangan, sehingga mampu atau mempunyai daya saing baik skala nasional maupun internasional.




Oleh: Prof. Dr. Made Warka, S.H., M.Hum.
Hak Cipta © 2011 pada Penulis
Editor                      : Th. Arie Prabawati
Setting                    : Sri Sulistiyani
Desain Cover         : dan dut
Korektor                 : Amanda / Aktor Sadewa

Diterbitkan atas kerjasama Penerbit ANDI Yogyakarta dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Hak Cipta dilindungi undang-undang.
Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, baik secara elektronis maupun mekanis, termasuk memfotocopy, merekam atau dengan sistem penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dari Penulis.

Penerbit: C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)
JI. Beo 38-40, Telp. (0274) 561881 (Hunting), Fax. (0274) 588282 Yogyakarta 55281


Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar